3 Kebiasaan Sehat Ini untuk memiliki Umur yang panjang

Memiliki umur panjang memang menjadi dambaan setiap orang. Bahkan di setiap perayaan ulang tahun, doa yang tidak pernah kita lupakan untuk diucapkan adalah, “semoga panjang umur dan sehat selalu!” Akan tetapi, apakah Oneesan tahu bagaimana caranya supaya kita sanggup panjang umur? Memang sih, umur insan hanya Tuhan yang mengetahuinya, tetapi selain lantaran kuasa Tuhan (tentunya) kita sanggup loh melaksanakan beberapa hal yang menciptakan kita mempunyai kesempatan berumur panjang.


Dalam skala rata-rata global, pada umumnya umur insan hanya mencapai 75 tahun. Hal ini sanggup disebabkan oleh beberapa faktor, menyerupai faktor genetik, faktor lingkungan dimana kita tinggal, dan tentunya lantaran faktor gaya hidup. Terkait dengan lingkungan dimana kita tinggal, lima negara yang mempunyai tingkat keinginan hidup dengan umur panjang di antaranya ialah Andorra, Perancis, Italia, dan Spanyol. 

Kalau dilihat dari keempat nama tersebut, nampaknya keinginan hidup panjang umur hanya dimiliki oleh orang Eropa. Namun, ada satu negara di Asia yang menjadi peringkat pertama keinginan hidup. Yup, Jepang!

Menurut World Report on Aging and Health, Jepang ialah negara yang mempunyai populasi dengan keinginan hidup yang terlama di dunia. Rata-rata orang Jepang sanggup hidup sampai usia 85 tahun. Tentunya hal ini disebabkan lantaran mereka mempunyai teladan makan yang baik dan hidup yang aktif. Yang mengejutkan adalah, lebih dari 58.000 orang di Jepang bahkan sanggup hidup lebih dari 100 tahun. Spesifiknya, kita sanggup melihat tempat Okinawa yang menjadi salah satu tempat blue zone, yakni zona yang memiliiki penduduk paling panjang umur.


Dapatkah kita mempunyai umur yang panjang tanpa hidup sehat? Hmm.. nampaknya sulit. Seperti doa ulang tahun yang biasa kita dengar, kalimat “panjang umur dan sehat selalu” ialah satu paket yang tidak afdol untuk dilewatkan ketika kita memberi ucapan. Panjang umur dan hidup sehat ialah dua hal yang saling berhubungan. Jadi, ketika kita melaksanakan gaya hidup sehat, maka kita telah mengusahakan diri kita untuk mempunyai umur yang panjang.

Melihat betapa besarnya keinginan hidup panjang umur dari Jepang, kita sanggup kok ikuti kebiasaan baik di bawah ini supaya kita sanggup mempunyai umur yang panjang. Beberapa kebiasaan ini mungkin sudah Oneesan lakukan, atau mungkin juga belum pernah dilakukan. Yuk, coba cek kebiasaan gaya hidup sehat menyerupai apa yang sanggup menciptakan orang Jepang sanggup hidup lebih lama.

Ikan atau daging?


Hayo ngaku, Oneesan lebih suka mengonsumsi ikan atau daging? Kadang kita lebih cepat termakan bila dihidangkan seporsi tumpukan daging yang aromanya sanggup menusuk sampai ke kalbu. Kalau Oneesan lebih sering mengonsumsi daging merah, cobalah untuk menguranginya dan ganti dengan ikan. Orang Jepang lebih suka makan ikan daripada daging. Bahkan mereka terbiasa mengonsumsi ikan sebanyak 100 gram dalam sehari. Jadi, tiada hari tanpa ikan.

Faktanya, ikan sanggup mengurangi aneka macam resiko serangan jantung dan kanker otak. Wanita Jepang juga percaya bahwa ikan sanggup menciptakan kulit tampak anggun alami. Ikan tuna, salmon, dan mackerel sanggup Oneesan olah dengan cara yang sederhana, menyerupai dipanggang, dibakar, digoreng, dan sebagainya. Orang Jepang juga suka mengolah makanannya dengan cara yang sederhana. Hal ini supaya kandungan gizi yang ada di dalam ikan tidak terbuang dan tetap terjaga kualitasnya.

Makan kenyang atau makan nikmat?

Oneesan pastinya sudah tahu dong jika orang Jepang terbiasa menggunakan sumpit dikala makan. Tetapi, apa sih fungsinya? Bukankah lebih lezat makan dengan sendok daripada sumpit? Buat kita sih iya, tapi orang Jepang mempunyai filosofi sendiri mengapa mereka menggunakan sumpit untuk makan. Orang Jepang selalu menikmati setiap masakan yang mereka makan supaya gizinya sanggup terserap dengan sempurna. 

Karena itulah mereka menggunakan sumpit supaya sanggup memperlambat waktu dan kecepatan makan. Selain itu, sumpit juga sanggup membantu membatasi porsi makan mereka sehingga tidak makan berlebih. Makanan orang Jepang tradisional biasanya hanya setengah porsi dari masakan Barat. Mengapa? Karena dengan porsi kecil, akan memungkinkan orang Jepang untuk makan jenis masakan yang lain supaya mendapat gizi secara lebih seimbang.

Jalan kaki atau naik motor?

Ini nih, kebiasaan yang paling sulit bagi sebagian besar orang Indonesia. Kadang jika kita mau ke warung aja, eksklusif keluarin motor. Memakai kendaraan pribadi menyerupai motor sudah menyerupai properti wajib supaya kita tidak merasa lelah kemanapun kita pergi. Berbeda dengan kebiasaan orang Indonesia, orang Jepang justru lebih suka berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. 

Mereka berjalan kaki setiap kemana saja, baik ke warung, restoran, sekolah, tempat kerja, dan sebagainya. Ketika perjalanan jauh, mereka akan lebih menentukan untuk menggunakan transportasi umum. Jalan kaki, ialah olah raga yang paling gampang untuk dilakukan dan pastinya merupakan olahraga yang gratis Oneesan. Yuk kurangi kebiasaan menggunakan kendaraan! Selain menyehatkan juga mengurangi polusi.

Itu tadi 3 kebiasaan orang Jepang yang masih perlu kita lakukan dalam hidup supaya mempunyai umur yang panjang. Ingat, umur panjang itu sanggup kita usahakan dengan gaya hidup sehat Oneesan!


Nggak sulit kan cara untuk sanggup mempunyai umur panjang? Kalau kau ingin tampil stylish dan selalu fresh dengan cara yang nggak sulit juga.

Sumber : gatsuone.blogspot.com

Loading

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel