Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah dan Rambut

Jika berbicara mengenai buah jeruk atau citrus, jeruk nipis menjadi salah satu primadona di kalangan masyarakat. Manfaat dari jeruk nipis tak hanya sebatas tambahan kuliner atau minuman saja namun lebih luas dari hal tersebut.

Manfaat Jeruk Nipis

Meskipun rasa masam yang dimilikinya sangat mendominasi, namun di dalamnya terkandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan  wajah. 

10 manfaat jeruk nipis untuk wajah dan rambut


1. Membersihkan Wajah


Salah satu cara termudah memanfaatkan jeruk nipis yakni menggunakannya untuk mebersihkan wajah dari sejumlah kotoran yang menempel.

Untuk menggunakannya kau harus mencampurkannya terlebih dahulu dengan materi – materi lainya, mirip gula pasir, madu maupun dengan garam.

Lantas pergunakan sebagai scrub untuk membersihkan wajahmu lebih menyeluruh. Dan hal tersebut akan membantu mengangkat kotoran yang tertinggal di wajah, dan menjadikannya terlihat lebih higienis dan bercahaya.

2. Mengurangi Aktifitas Bakteri di Wajah


Noda wajah akhir infeksi dikarenakan adanya kotoran, minyak dan juga sel mati yang kemudian menimbulkan tersumbatnya pori – pori di wajah.

Dan basil yang terperangkap pada pori – pori wajah mampu menimbulkan terjadinya peradangan pada kulit wajah yang memperparah jerawat. Menurut sebuah jurnal “BMC Complementary and Alternative Medicine” yang diterbitkan pada 2006, mengungkapkan bahwa jeruk nipis mengandung anti biotik alami yang mapu menghambat aktifitas basil mirip E.

Coli dan Staphylococous. Karenanya jeruk nipis sangat baik untuk mengurangi basil pada wajah yang menciptakan infeksi meradang.

3. Mengecilkan Pori-Pori


Pori – pori wajah yang besar mampu menciptakan penampilan menjadi kurang tepat dan mampu memicu munculnya jerawat, namun tak perlu khawatir alasannya jeruk nipis mampu mengatasi hal tersebut.

Ini lantaran jeruk nipis mempunyai sifat astringent alami dikala dioleskan pada wajah dengan pori – pori yang besar. Astringent mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menciptakan pori -pori kulit wajah menjadi lebih kecil dan menciptakan kulit terasa lebih kencang.

4. Mengurangi Masalah Wajah Berminyak


Wajah yang berminyak mampu menciptakan seseorang kehilangan rasa percaya diri, lantaran make up menjadi lebih cepat luntur juga rentan terkena jerawat.

 Kandungan astringent dalam jeruk nipis sangat baik untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih dengan menciptakan pori – pori wajah mengecil.

Hanya dengan mengoleskan pecahan kecil jeruk nipis ke seluruh wajah sambil ditekan hinga airnya keluar, kemudian diamkan setidaknya selama 15 menit sebelum mencucinya dengan air dingin.

 5. Menyembuhkan Jerawat


Jeruk nipis sudah dikenal lantaran mempunyai manfaat untuk membantu mebgecilka pori – pori dan juga membersihkan kotoran yang ada di wajah.

Kandungan asam pada jeruk nipis membantu mengurangi aktifitas basil yang mampu menjadikan peradangan dan infeksi pada wajah.

Untuk mengobati dan meredakan infeksi memakai jeruk nipis sangatlah mudah, cukup oleskan air jeruk nipis ke seluruh permukaan wajah dan jangan digosok kemudian biarkan mengering dan barulah dibilas. Ulangi penggunaanya sampai infeksi benar – benar sembuh.

 6. Mencerahkan Wajah


Wanita mana yang tak ingin mempunyai kulit wajah yang putih bersih, cerah dan bersinar? Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis diketahui sangat tinggi jikalau dibandingkan dengan buah – buahan lainnya.

Karenanya sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah lantaran sifat antioksidannya dalam vitamin C mencegah adanya kerusakan jaringan sel kulit akhir paparan sinar matahari berlebihan yang menimbulkan perubahan warna pada kulit.

7. Mengurangi Pigmentasi


Perubahan warna pada kulit terjadi bukan hanya lantaran paparan sinar matahari saja, tapi juga akhir dari bertambahnya usia serta serangan radikal bebas.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan tentunya sangat baik dalam menangkal adanya serangan radikal bebas dan mengatasi duduk perkara perubahan warna kulit.

Dengan mempercepat proses regenerasi sel gres dengan lebih cepat, sehingga duduk perkara pigmentasi pada kulit wajah mampu diatasi dengan mudah.

 8. Membuat Kulit Awet Muda


Seiring berjalannya waktu dan usia yang semakin bertambah menciptakan elastisitas kulit menurun, sehingga kulit terlihat kendur dan muai muncul kerutan di wajah yang usang kelamaan akan menjadi keriput.

Asupan vitamin C pada tubuh sangat penting demi menunjang produksi kolagen, yang kuat pada elastisitas dan kekenyalan kulit. Salah satu cara terbaik dan alami yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk nipis yang kaya vitamin C untuk membantu dari dalam dan penggunaan masker untuk menutrisi kulit dari luar.

9. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi


Minuman yang terbuat dari sari jeruk nipis sangat baik untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi, selain itu juga baik sebagai energy booster.

Nutrisi dalam jeruk nipis yang sangat berlimpah membantu meningkatkan level energi juga membantu mengurangi stres akhir kelelahan alam bekerja.

Tubuh yang mengalami kehilangan cairan tubuh  berakibat jelek pada kulit terutama kulit wajah, lantaran akan membuatnya terlihat kering dan kusam.

10. Mengurangi Bau Badan


Tubuh yang beraktifitas sepanjang hari akan memproduksi keringat, dan basil yang melekat pada tubuh mampu menimbulkan busuk tubuh menjadi tidak sedap.

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam jeruk nipis yang berlimpah mampu membantu mengurangi produksi keringat dan sifat antibakterinya membantu mengurangi perkembangan basil yang menimbulkan busuk badan. Untuk itu kau mampu mencampur air jeruk nipis dalam air mandi untuk membersihkan tubuhmu.

Loading

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel